Makanan Pemicu Dan Pereda Stres

Kembali lagi di blog kangIjal, di pertemuan kali ini kita akan membahas tentang Makanan Pemicu dan Pereda Stres. Bagi banyak orang, makanan yang bemutrisi merupakan makanan yang baik untuk kesehatan, terutama kesehatan fisik. Sebenarnya makanan bernutrisi juga dapat mempengaruhi kesehatan psikologis seseorang.

Makanan pemicu dan Pereda Stres

Selama ini, banyak orang menganggap bahwa stres diakibatkan oleh adanya masalah dalam pekerjaan atau hidup. Namun. banyak orang yang tidak mengetahui bahwa beberapa nutrisi pada makanan yang dikonsumsi dapat menyebabkan seseorang mengalami stres.
Baca Juga : 9 Cara Efektif Menjaga Kebugaran Tubuh
Makanan yang memiliki kadar garam dan lemak yang tinggi dapat memicu produksi hormon kortisol. Hormon kortisol ini menghambat kerja serotonin yang berfungsi sebagai penenang dan pengontrol rasa gelisah, sehingga dapat dikatakan kerja serotonin dapat mempengaruhi suasana hati. Selain menghambat kerja serotonin, hormon kortisol memiliki efek terhadap pelepasan hormon neuropeptide Y dan galanin, yang dapat mengakibatkan orang ingin mengonsumsi makanan manis dan berlemak, sehingga orang akan memiliki rasa bad mood.
Beberapa makanan yang dapat memicu stres dan meredam stres, dimana makanan pemicu tersebut mengandung kadar garam dan Lemak yang tinggi antara lain adalah sebagai berikut:

1. Makanan siap saji, seperti nugget, bakso, sosis.

2. Makanan kaleng olahan.

3. Makanan mengandung karbohidrat sederhana, seperti roti atau mie.

4. Makanan mengandung Lemak trans.

Selain makanan, ada beberapa minuman yang juga menyebabkan stres yaitu minuman beralkohol, minuman berkafein tinggi seperti kopi. Diharapkan orang yang terbiasa minum minuman tersebut dapat menghindarinya, karena dapat menyebabkan stres.

Jika ada makanan yang menyebabkan stres, ada pula makanan yang dapat membantu meredakan stres. Makanan jenis ini adalah makanan yang memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut:

1. Nutrisi Makanan Pereda Stres

2. Vitamin B, terdapat pada alpukat, pisang, ikan tuna, ikan salmon, ikan sardin, susu dan yoghurt.

3. Asam folat, terdapat pada oatmeal, jeruk atau asparagus.

4. Magnesium, terdapat pada sayur bayam, tofu dan kacang almond. Makanan tersebut dapat membantu tubuh memproduksi dopamin, yang dapat membantu Anda tidur nyenyak.

5. Vitamin C, terdapat pada buah-buahan seperti kiwi, stroberi atau jeruk.  Kombinasi dari makanan yang mengandung protein, karbohidrat kompleks. dan lemak sehat dapat membuat stabil gula darah, dan menghindarkan seseorang untuk makan camilan, sehingga manfaatnya akan lebih terasa. Terlebih jika minuman yang diminum adalah air putih dan teh, hal tersebut akan lebih memiliki banyak manfaat, karena minuman tersebutjuga dapat meredakan stres.

Dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi hendaknya harus cerdas, terlebih apabila makanan yang Anda pilih tersebut tidak berpengaruh pada emosi Anda, sehingga tidak dapat memicu stres. Dengan ketenangan pikiran, maka dapat berpengaruh balk bagi kesehatan psikologis Anda.

  • Cokelat

Kandungan antioksidan flavonoid dalam coklat menurunkan hormon stres yang berlebihan, meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan tekanan darah. Tipsnya, cari cokelat yang kandungan kakaonya paling tinggi dan jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya.

  • Gandum Utuh

Jauhi junk food, makanan olahan dan hasil proses dari pabrik. Ganti menu Anda dengan makanan yang lebih sehat seperti oatmeal, roti dan sereal gandum atau bahan makanan lain yang sebagian besar bahannya terbuat dari gandum utuh. Gandum kaya akan vitamin B yang meningkatkan produksi energi dari karbohidrat, protein, dan lemak sehingga langsung bisa dimanfaatkan oleh tubuh. Sedangkan makanan olahan yang kebanyakan tinggi karbohidrat sederhana dan gula bisa membuat kadar gula dalam darah melonjak, tapi juga cepat turunnya sehingga energi juga dengan cepat hilang yang membuat Anda tambah stres.

  • Cottage Cheese

Keju dengan tekstur Iembut dan bercitarasa sedikit manis ini mengandung protein hewani yang juga membantu memproduksi serotonin. Selain itu protein di dalam keju tinggi akan asam amino tryptophan yang efeknya jUga bisa membuat bahagia seperti serotonin. Khasiat asam amino ini akan lebih efektif jika dikonsumsi bersama karbohidrat.

  • Asparagus

Sayuran dengan aroma khas ini kaya akan folic acid da vitamin B yang bisa membantu menstabilkan moon Anda. Asparagus juga membantu meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh.

  • Sayur dan Buah Segar

Di dalam sayuran dan buah terdapat kandungan vitamin yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. Sayur buah yang baik adalah yang belum terkontaminasi pestisida.

  • Almond

Kaya akan Lemak tak jenuh dan merupakan sumber terbaik vitamin 82, E, zinc dan magnesium. Jika tubuh punya cukup kandungan nutrisi seperti yang disebutkan tadi, maka kemungkinan untuk mengalami stres akan berkurang. Disarankan mengkonsumsi segenggam almond setiap pagi, tengah hari atau sore hari sebagai camilan.

  • Alpukat

Alpukat sumber yang baik untuk potassium dan lemak tak jenuh yang membantu meningkatkan produksi serotonin. Namun periu dibatasi konsumsinya, tak Lebih dari setengah buah per hari karena alpukat memiliki kalori yang cukup tinggi.
Baca Juga : 9 Cara Mudah Jalani Hidup Bahagia

0 Response to "Makanan Pemicu Dan Pereda Stres"

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan di blog KangIjal.com
Dan Disini terdapat peraturan saat berkomentar:
1. Dilarang Spam
2. Tidak menautkan link aktif
3. Dilarang Promosi
4. Sesuai dengan artikel yang di bahas

Anda menyukai artikel kami? Silakan masukkan blog kami kedalam whitelisting anda!

Ini adalah cara menambahkan blog ke dalam Whitelisting di adblock anda.

Terima Kasih!

×