Akibat Buruk Jika Tidak Bisa Mengendalikan Stres

Kalian sedang galau? lni hal lumrah. Hanya saja ketika kalian mulai mengalami perubahan naik turun emosi relatif cepat, bisa jadi itu stres. Bila terkendali mungkin tak mencemaskan, tapi bila berkepanjangan bisa berbahaya. Jadi ada baiknya Anda memahami tanda stres dan penyababnya. Pengetahuan ini berguna untuk mengenali emosi dan memulihkan perasaan tertekan.
akibat Buruk setres
Sumber : www.sutterstock.com

Berikut ini dibahas beberapa akibat buruk yang dapat terjadi jika Anda tidak bisa mengendalikan stres. Akibatnya adalah muncul beberapa penyakit yang biasa menyertai stres tersebut. Berikut ini tanda-tanda stres yang sering dianggap wajar tapi tetap harus Anda waspadai.


  • Jerawat Bermunculan 


Masalah ini mungkin banyak dijumpai diusia remaja. Sebagian besar menganggap ini perkara hormonal tetapi sangat mungkin stres adalah penyebat utama orang berjerawat. Stres sangat mempengaruhi hormon. Stres normal terjadi ketika seseorang kesulitan dalam menangani suatu hal, seperti bertengkar dengan teman atau masalah di rumah. Belajar untuk mengatasi stres dan kondisi emosi stabil tenang sungguh membuat penampilan terlihat Iebih baik. Tersenyumlah.


  • Teman Menjengkelkan 


Teman-teman yang mengganggu berpotensi besar membuat Anda sangat stres. Waspadai, terlalu stres dapat membuat Anda marah-marah dan tidak sabar. Solusinya adalah cobalah untuk tersenyum dan tertawa bersama teman-teman Anda. Tertawa dapat mengubah perasaan Anda dan menghilangkan stres.


  • Selalu Merasa Lelah 


Saat Anda mendengarkan musik dengan beat cepat, apakah Anda menari? Atau jangan-jangan malah menguap? Jika Anda merasa sangat lelah, mungkin stres adalah penyebabnya. Lawanlah perasaan lelah ini dengan olahraga. Menari, berolahraga, atau berlari dapat membuat Anda Iebih rileks dan menambah energi, serta meningkatkan mood Anda.

  • Jantung Berdebar


Jantung yang berdebar-debar bukanlah hal yang mengejutkan. ltu berarti tubuh Anda sedang bersiap untuk kondisi sulit, berjuang dan bertarung. Stres ringan bisa bagus untuk membantu Anda mencetak skor dalam permainan bola dan memenangkan pertandingan. Mata Anda terbuka Iebar sehingga bisa melihat Iebih jelas. Otot Anda mendapat banyak aliran darah dan Anda berkeringat dingin. Bila Anda tak bisa merasa santai setelah mengalami gejala tadi, misal stres sulit membuat Anda tidur, berbicaralah dengan orang yang Anda percaya mengenai kecemasan Anda untuk mencari solusi terbaik.


  • Selera Makan Menggila 


Makan berlebihan juga salah satu tanda Anda sedang stres. Saat Anda terlalu banyak mengkonsumsi junk food atau saat Anda tidak merasa bahwa Anda terlalu banyak makan justru waktunya untuk waspada. Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dapat mengurangl energi Anda, menimbun racun dalam tubuh sehingga Anda merasa cepat Ielah dan stres. Makanan terbaik untuk memerangi stres adalah buah-buahan, sayuran. dan bijibijuan bersama dengan protein untuk menjaga rasa lapar Anda. Hindari keripik, pizza, kue, es krlm dan olahan junk food lainnya.


  • Sariawan 


Stres dapat membuat sariawan muncuI Iebih sering. Tambahkan waktu Anda untuk bersantai seperti mendengarkan musik atau berjalan-jalan.


  • Prestasi Menurun 


Ketika Anda sedang stres akan masalah rumah atau sekolah. Anda pasti tidak akan bisa berkonsentrasi pada pelajaran. Jika stres terus berlanjut, tidak menutup kemungkinanAnda akan mengaiami penurunan baik kinerja di kantor atau prestasi di sekolah. Cara untuk mengalahkannya adalah belajarlah dengan temanteman yang membuat Anda rileks.

Ketergantungan Obat-Obatan dan Alkohol
Jika Anda menggunakan obat-obatan atau alkohol untuk menangani stres, mintalah bantuan dari seorang dokter atau psikolog.


  • Sakit Kepala Akhir Pekan 


Penurunan tingkat stres secara tiba-tiba dapat menyebabkan migren. Karena itu, disarankan agar pola tidur, pola makan Anda tidak banyak berubah di akhir pekan.


  • Kram Menstruasi 


Wanita yang mengalami stres dua kali lebih mungkin terkena kram yang menyakitkan. Berolahraga ringan dan berekreasi dapat mengurangi serangan.


  • Ngilu Rahang 


Rasa sakit ini dapat terjadi bila Anda tanpa sadar mengadu rahang-rahang Anda saat tertidur. Menggunakan pelindung gigi saat tidur dapat mengatasi masalah ini.


  • Mimpi Aneh 


Mimpi biasanya adalah hal positif karena Anda akan merasa lebih baik setelah bangun. Namun, ketika Anda stres Anda sering terbangun dari tidur sehingga prosesnya terputus-putus. Mimpi buruk atau menyeramkan bisa terjadi di sela-selanya. Anda dapat mengurangi risiko ini dengan kebiasaan tidur yang baik dan tidak minum kopi menjelang tidur.


  • Gusi Berdarah 


Orang yang stres lebih berisiko mengalami gusi berdarah. Pelepasan banyak hormon stres yang disebut cortisol melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga bakteri mudah menyerang gusi. Jagalah kebersihan gigi dengan tetap menggosok gigi secara teratur dan benar, bahkan ketika Anda sedang stres.


  • Keranjingan Makan Manis 


Stres dapat membuat orang menjadi suka makan yang manis-manis. Hati-hati bila Anda memiliki penyakit diabetes

  • Kulit Gatal


Orang yang stres dua kaii lebih berisiko mengalami gatalo gatal di kuiit dan terkena dermatitis, eksim atau psoriasis yang iebih parah.


  • Alergi 


Hormon stres memicu produksi lgE, protein yang menyebabkan reaksi aiergi.


  • Sakit Perut 


Kecemasan dan stres dapat menyebabkan nyeri lambung, sakit kepala, dan punggung serta dapat menyebabkan insomnia. Kenaikan hormon stres dapat memicu penyakit maag.

Nah sekian dulu dari artikel ini, semoga saya akan memberikan lagi artikel yang selanjutnya. Semoga bermanfaat bagi kalian semua, dan salam sejahtera.

14 Responses to "Akibat Buruk Jika Tidak Bisa Mengendalikan Stres"

  1. Wah ternyata banyak yah akibat buruknya, mantap bang artikelnya lanjutkan.

    BalasHapus
  2. Apa ada faktor yang menunjukan terhadapa mental dari kehilangan kendali akibat dari stress??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada, mental juga mempengaruhi untuk pengendalian setre

      Hapus
  3. Balasan
    1. Makasih atas kunjungannya ya, semoga bermanfaat

      Hapus
  4. sulit tidur juga, tidur ga enak. pikiran bercabang. tapi kalau jerawat nambah, itu bener banget. wkwk

    BalasHapus
  5. banyak jga akibat buruk akibat stress, mesti menjaga pola pikir agar tidak stress

    BalasHapus
  6. Setuju dg point-point di atas kcuali satu yg Makan Menggila. Umumnya stress malas makan. Mungkin tiap orang berbeda-beda. Sukses slalau gan

    BalasHapus
  7. wah mantap gan, memang fatal jika tidak bisa mengendalikan stress....
    thanks gan untuk sharingnya....

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungan di blog KangIjal.com
Dan Disini terdapat peraturan saat berkomentar:
1. Dilarang Spam
2. Tidak menautkan link aktif
3. Dilarang Promosi
4. Sesuai dengan artikel yang di bahas

Anda menyukai artikel kami? Silakan masukkan blog kami kedalam whitelisting anda!

Ini adalah cara menambahkan blog ke dalam Whitelisting di adblock anda.

Terima Kasih!

×