Teryata Perbuatan Ini tidak Membatalkan Puasa

     Nah bagi kalian yang sedang menjalankan ibadah puasa pastinya kalian ingin puasanya bisa mendapatkan imbalan yaitu pahala. Bukannya malah tidak dapat apa, kenapa karena ada beberapa larang berpuasa. Tetapi ada juga yang kalian anggap seperti larangan berpuasa ternyata dibolehkan oleh Allah SWT. Kemudian ditegaskan pula dalam dalil naqli yang tercantum di dalam Hadist.
Hal sepele dalam Puasa
Hal Sepele Dalam Puasa

Saat kita berpuasa semua larangan saat berpuasa harus kita jauhi, tetapi ada juga yang menganggap hal yang dibolehkan dalam berpuasa dianggap sebagai larangan. Seharusnya kita tahu bahwa kita harus mengerti betul apa saja yang diperbolehkan dalam berpuasa.

Nah berikut adalah Perbua
tan dalam sehari yang teryata diperbolehkan untuk dilakukan:

1. Sikat Gigi(Bersiwak)

Sikat gigi merupakan hal yang kita lakukan sehari. Ada yang beranggapan bahwa kalau kita sikat gigi maka akan membatalkan puasa. Berikut ditegaskan dalam hadist

Dari Abu Hurairah, Nabi  shallallahu 'alaihi wa sallam ,

لولا أن أشق على أمتى لأمرتهم بالسواك عند كل وضوء

" Seandainya tidak memberatkan umatku niscaya akan kupatasan mereka untuk menyikat gigi (bersiwak) setiap kali berwudhu. "

2.  Mencicipi Makanan

Mencicipi makanan?

Jika kalian sedang membuat takjilan untuk berbuka apakah kalian tidak ingin mencicipi rasa dari masakan kalian, tentunya ingin kan. Jika tidak di cicipi maka jika masakan kalian belum seperti yang kalian inginkan. Tetapi mencicipi juga mempunyai aturan seperti contoh jika kalian mencicipi makanan jangan kalian telan hingga melewati kerongkongan.

Dari Ibnu 'Abbas  radhiyallahu' anhuma ,  dia mengatakan,

لا بأس أن يذوق الخل أو الشيء ما لم يدخل حلقه وهو صائم

" Tidak ada orang yang sedang berpuasa penuh cuka atau sesuatu, selama tidak masuk sampai ke kerongkongan. "

3.  Melakukan kegiatan Bekam

Dalil-dalil berikut menunjukkan dibolehkannya bekam bagi orang yang berpuasa.

عن ابن عباس - رضى الله عنهما - أن النبى - صلى الله عليه وسلم - احتجم, وهو محرم واحتجم وهو صائم.

Dari Ibnu 'Abbas  radhiyallahu' anhuma  mengatakan bahwa Nabi  shallallahu 'alaihi wa sallam  berbekam dalam keadaan berihrom dan berpuasa. (HR Bukhari )

يسأل أنس بن مالك - رضى الله عنه - أكنتم تكرهون الحجامة للصائم قال لا. إلا من أجل الضعف

Anas bin Malik  radhiyallahu 'anhu  tanya, " Apakah kalian tidak menyukai berbekam bagi orang yang berpuasa? "Dia mengatakan," Tidak, kecuali jika bisa menyebabkan lemah . "(HR Bukhari no 1940)

Menurut jumhur (ulama ulama) yaitu Imam Abu Hanifah, Malik, Asy Syafi'i, berbekam cepat puasa. Pendapat ini juga dipilih oleh Ibnu Mas'ud, Ibnu 'Umar, Ibnu' Abbas, Anas bin Malik, Abu Sa'id Al Khudri dan sebagian ulama salaf.
Imam Asy Syafi'i dalam  Al Umm  mengatakan, "Jika seseorang meninggalkan bekam saat puasa dalam kerangka kehati-hatian, maka itu lebih aku sukai. Namun jika ia tetap melakukan bekam, aku tidak menganggap puasanya batal.

4. Menelan Dahak

Menurut madzhab Hanafiyah dan Malikiyah, menelan dahak tidak sulit puasa karena ia sama seperti udara ludah dan bukan sesuatu yang asalnya dari luar.

5. Menyirami Kepala dengan Air

Menyirami kepada dengan air merupakan kegiatan yang sering orang bilang bahwa bisa membatalkan puasa. Apakah hal tersebut benar? Penjelasan lebih jelasnya terdapat pada dalil berikut.

Hal ini juga dikuatkan oleh sebuah riwayat dari Abu Bakr bin 'Abdirrahman, dia mengatakan,

لقد رأيت رسول الله -صلى الله عليه وسلم- بالعرج يصب على رأسه الماء وهو صائم من العطش أو من الحر.

" Sungguh, aku melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam di al' aroj mengguyur kepala -karena keadaan yang sangat haus atau sangat terik- dengan airnya dalam keadaan berpuasa. "

     Itulah beberapa kegiatan yang boleh dilakukan saat kita menjalankan ibadah puasa. Karena pada hakikatnya apa yang kita anggap salah belum tentu juga salah.

 Sehingga dengan adanya penegasan oleh para ahli ilmu agama pada jaman Nabi Muhammad SAW. akhirnya kita mengerti. Semoga puasa yang kita lakukan akan bermanfaat bagi kita semua.

6 Responses to "Teryata Perbuatan Ini tidak Membatalkan Puasa"

  1. alhamdulillah ane tetap beristiqomah

    BalasHapus
  2. Mencicipi mAkanan masak boleh gan?

    BalasHapus
  3. Boleh kalau cuma sekedar mencicipi bukan menelan

    BalasHapus
  4. yahn betul sekali gan.. jika ingin mengeluarkan pendapat harus dengan dalil.. sipp

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungan di blog KangIjal.com
Dan Disini terdapat peraturan saat berkomentar:
1. Dilarang Spam
2. Tidak menautkan link aktif
3. Dilarang Promosi
4. Sesuai dengan artikel yang di bahas

Anda menyukai artikel kami? Silakan masukkan blog kami kedalam whitelisting anda!

Ini adalah cara menambahkan blog ke dalam Whitelisting di adblock anda.

Terima Kasih!

×