Listrik Dalam Kehidupan Sehari-hari

listrik di kehidupan
Listrik

1. Kekuatan Misterius

Listrik sudah ada sejak adanya jagat raya ini. Bahkan, saat kehidupan belum ada di planet ini, yaitu lebih dari 4.000 juta tahun lalu, ledakan petir yang kuat sudah menerangi langit. Petir merupakan salah satu pertunjukan alam yang paling dramatis dari bentuk energi, yaitu listrik.  dengan berkembangnya kehidupan, listrik menjadi bagian yang sangat penting dalam kehidupan manusia. listrik membentuk sinyal syarat. Mata menerima cahaya dan mengubah Cahaya itu menjadi sinyal listrik yang sangat kecil, yang kemudian mengalir sepanjang syarat dan masuk ke otak serta seluruh tubuh. Seluruh  kesadaran dan kemampuan kita untuk berfikir dan bergerak tergantung pada sinyal listrik yang mendesing di sekitar jalan saraf di dalam otak. Dalam dua abad terakhir ini, para ilmuwan sedikit demi sedikit mulai mengungkap misteri listrik. Kemajuan dalam pengungkapan ini berhubungan erat dengan kemajuan ilmu pengetahuan lain.

2. Listrik di Rumah

Listrik pertama kali disalurkan melalui kabel dari pusat pembangkit ke rumah-rumah, kantor, dan pabrik pada tahun 1880-an, di kota-kota besar seperti New York, London, dan Paris. Penggunaan utamanya adalah untuk penerangan, yang kelihatan hebat serta misterius. Dengan hanya menekan sakelar, pemakai dapat mengubah malam menjadi siang serta tidak perlu bermain-main dengan lampu gas, lampu minyak, atau lilin. Pada tahun 1882, pabrik Thomas Alfa Edison membuat 100.000 bola lampu. Namun, untuk memasang kabel dan membuat pembangkit listrik yang dapat menjangkau hingga ke daerah-daerah, baru dapat dilakukan setelah tahun 1920-an. Tenaga baru ini tidak terlihat dan misterius. Kawat memang kelihatannya sama, baik yang bermuatan maupun yang tidak bermuatan. Listrik merupakan sumber energi sekunder. Listrik bisa di dapat dari konversi sumber energi lainnya seperti batubara, energi nuklir dana matahari. Sumber energi yang kita gunakan untuk membuat listrik dapat terbarukan atau tak terbarukan.Banyak ilmuwan dan penemu telah bekerja untuk menguraikan prinsip-prinsip listrik. Sejak tahun 1600-an. Beberapa prestasi penting telah dibuat oleh Benjamin Franklin, Thomas Alfa Edison dan Nikola Tesla.

  Benjamin Franklin menunjukkan bahwa kilat adalah listrik. Thomas Alva Edison menemukan bola lampu pijar tahan lama yang pertama kali. Begitu listrik masuk ke rumah-rumah, orang mulai berpikir bagaimana memanfaatkannya. Meskipun pada abad ke-20 penemuan dan rancangan listrik dianggap peralatan "menghemat buruh” untuk menjadikan hidup lebih mudah, tetapi hanya lampu listrik dan seterika listrik yang umum ditemukan di rumah-rumah saat itu. Peralatan listrik yang pertama menggunakan kemampuan listrik untuk menghasilkan panas adalah tang pengeriting rambut. Jumlah peralatan mulai meningkat termasuk pemanas kecil, penghancur makanan, dan pengeriting rambut. Namun peralatan listrik yang lebih besar, seperti penghisap debu, hanya ditemukan di rumah-rumah orang berada.

14 Responses to "Listrik Dalam Kehidupan Sehari-hari"

  1. iya gan, listrik bermanfaat banget abad skarang, baru tau ane kalo pertama kali listrik ada tahun 1800an.

    BalasHapus
  2. kalo didunia ini gak ada listrik, ntah bagaimana wkwk

    BalasHapus
  3. Petir buat charge hp bisa gak yah, wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkw bisa kalau sudah maju teknologi nya

      Hapus
  4. Bru dijaman jokowi ini, listrik dikampung sy terealisasi

    BalasHapus
  5. semoga aja makin maju gan mantap

    BalasHapus
  6. nice gan infonya, sangat bermanfaat

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungan di blog KangIjal.com
Dan Disini terdapat peraturan saat berkomentar:
1. Dilarang Spam
2. Tidak menautkan link aktif
3. Dilarang Promosi
4. Sesuai dengan artikel yang di bahas

Anda menyukai artikel kami? Silakan masukkan blog kami kedalam whitelisting anda!

Ini adalah cara menambahkan blog ke dalam Whitelisting di adblock anda.

Terima Kasih!

×